Selasa, 26 Maret 2013

interaksi PBSI


 contoh soal interaksi PBSI

1.      Apa yang di maksud dengan mengajar ?
Jawab  :
Mengajar adalah segala upaya yang disengaja dalam rangka memberi kemungkinan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar sesuai dengan tujuan yang dirumuskan.
2.      Sebutkan beberapa prinsip umum tentang mengajar !
Jawab  :
1)      Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki siswa
2)      Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan harus bersifat praktis
3)      Mengajar harus memperhatikan perbedaan individual setiap siswa
4)      Kesiapan dalam belajar sangat penting dijadikan landasan dalam mengajar
5)      Tujuan pengajaran harus diketahui siswa
6)      Mengajar harus mengikuti rpinsip psikologis tentang belajar.
3.      Sebutkan beberapa faktor kesengajaan dalam interaksi belajar !
Jawab  :
1)      Kesiapan (readiness); yaitu kapasiti baik fisik maupun mental untuk melakukan sesuatu
2)      Motivasi; yaitu dorongan dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu
3)      Tujuan yang ingin dicapai.
4.      Dalam proses belajar mengajar perlu pengelolaan kelas. Apa yang di maksud keterampilan pengelolaan kelas ?
Jawab  :
keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal, apabila terdapat gangguan dalam proses belajar baik yang bersifat gangguan kecil dan sementara maupun gangguan yang berkelanjutan.
5.      Keterampilan mengelola kelas mempunyai beberapa tujuan yaitu Tujuan untuk siswa dan Tujuan untuk guru. Jelaskan salah satu tujuan tersebut !
Jawab  :
Tujuan untuk siswa Keterampilan mengelola kelas bagi siswa mempunyai tujuan untuk: Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah lakunya, serta sadar untuk mengendalikan dirinya. Membantu siswa agar mengerti akan arah tingkah laku yang sesuai dengan tata tertib kelas, dan melihat atau merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan dan bukan kemarahan. Menimbulkan rasa berkewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar sesuai dengan aktivitas-aktivitas kelas.
6.      Sebutkan dan jelaskan salah satu keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal !
Jawab  :
1)      Menunjukan sikap tanggap
Guru memperlihatkan sikap positif terhadap setiap perilaku yang muncul pada siswa dan memberikan tanggapan-tanggapan atas perilaku tersebut dengan maksud tidak menyudutkan kondisi siswa, perasaan tertekan dan memunculkan perilaku susulan yang kurang baik.
2)      Membagi perhatian,
3)      Memusatkan perhatian kelompok
4)      Memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas,
5)      Menegur,
7.      Sebutkan beberapa kekeliruan yang perlu dihindari guru dalam mempraktekkan keterampilan mengelola kelas adalah ?
Jawab  :
1)      Campur tangan yang berlebihan,
2)      Kesenyapan,
3)      Ketidaktepatan memulai dan mengakhiri kegiatan
4)      Penyimpangan
5)      Bertele-tele,
6)      Pengulangan penjelasan yang tidak perlu
8.      Jelaskan Fungsi Instruksional dalam manajemen kelas !
Jawab  :
Sepanjang sejarah keguruan, tugas atau fungsi guru yang sudah tradisional adalah mengajar (to teach), yaitu ; 1) menyampaikan sejumlah keterangan-keterangan dan fakta-fakta kepada murid, 2) memberikan tugas-tugas kepada mereka, dan 3) mengoreksi atau memeriksanya. Fungsi intruksional inilah yang masih selalu diutamakan oleh hampir semua orang yang disebut guru, dan fungsi instruksional ini masih dominan dalam karier besar guru.
9.      Jelaskan Fungsi Edukasional dalam manajemen kelas !
Jawab  :
Fungsi guru sesungguhnya bukan hanyalah mengajar, akan tetapi juga harus mendidik (to educate). Fungsi educational ini harus merupakan fungsi sentral guru. Dalam fungsi ini setiap guru harus berusaha mendidik murid-muridnya menjadi manusia dewasa.
10.  Jelaskan Modifikasi tingkah laku dalam pengendalian kondisi belajar yang optimal !
Jawab  :
Modifikasi tingkah laku adalah menyesuaikan bentuk-bentuk tingkah laku kedalam tuntutan kegiatan pemebelajaran sehingga tidak muncul prototyfe pada diri anak tentang peniruan perilaku yang kurang baik.
11.  Apa yang dimaksud dengan Pengelolaan kelompok Kelompok kecil ataupun kelompok belajar di kelas ?
Jawab  :
Kelompok kecil ataupun kelompok belajar di kelas adalah merupakan bagaian dari pencapaian tujuan pembelajaran dan strategi yang terapkan oleh guru. Kelompok juga bias muncul secara informal seperti teman bermain, teman seperjalanan, teman karena gender dan lain-lain. Untuk kelancaran pembelajaran dan pencapaiant ujuan pembelajaran maka kelompok yang ada dikelas itu harus di kelola dengan baik oleh guru. Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.
12.  Apakah pengertian dari belajar ?
Jawab  :
Belajar adalah sebagai proses perubahan perilaku, akibat interaksi individu dengan lingkungan. Perubahan perilaku dalam proses belajar adalah akibat dari interaksi dengan lingkungan. Interaksi ini biasanya berlangsung secara sengaja.


13.  Sebutkan fungsi pembelajaran Fungsi Sumber Pembelajaran Bahasa Indonesia !
Jawab  :
1)      Bahasa guru dapat mempengaruhi bhs siswa
2)      Sesuai dengan fungsinya guru sbg informator, mk bukan hanya guru Bhs Ind saja yg seharusnya menggunakan bhs Indonesia yg baik dan benar.
3)      Menggunakan bhs yg baik berarti guru dlm mengajarnya memperhatikan aturan berbahasa.
4)      Menggunakan bhs yg benar berarti guru dlm mengajar jg hrs memperhatikan aturan bahasa berupa kaidah2 bahasa.
14.  Jelaskan Pebedaan Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran ?
Jawab  :
1)      Media pembelajaran segala sesuatu yg dipakai sbg alat atau perantara untuk menyampaikan materi pemebelajaran
2)      Sumbear pembelajaran dpt diartikan sbg segala sesuatu yg mrpk asal / sumber materi untuk pembelajaran
15.  Sebutkan 5 fungsi sumber pembelajaran !
Jawab  :
1)      Meningkatkan produktivitas pendidikan dg jalan mempercepat laju belajar.
2)      Membantu guru untuk menggunakan waktunya scr lbh baik
3)      Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi shg lbh banyak membina dan mengembangkan gairah belajar siswa.
4)      Memberikan pelayanan pendidikan yg sifatnya lbh individual
5)      Mengurangi kontrol guru yg kaku dan tradisional
16.  Coba sebutkan tujuan guru mengajukan pertanyaan kepada siswa ?
Jawab  :
1)      mengembangkan pendekatan CBSA
2)      menimbulkan rasa keingintahuan
3)       merangsang fungsi berpikir
4)       mengembangkan keterampilan berpikir
5)      memfokuskan perhatian siswa
6)       menstruktur tugas yang akan diberikan
7)       mendiagnosis kesulitan belajar siswa
8)       menkomunikasikan harapan yang diinginkan oleh guru dari siswanya
9)       merangsang terjadinya diskusi dan memperlihatkan perhatian terhadap gagasan dan terapan siswa sebagai subjek didik.
17.  Mengapa guru perlu menguasai Keterampilan bertanya  baik itu guru pemula maupun yang sudah professional ?
Jawab  :
karena dengan mengajukan pertanyaan baik guru maupun siswa akan mendapatkan umpan balik dari materi serta juga dapat menggugah perhatian siswa atau peserta didik.
18.  Pada hakikatnya fungsi bertanya adalah ?
Jawab  :
Pada hakikatnya melalui bertanya kita akan mengetahui dan mendapatkan informasi tentang apa saja yang ingin kita ketahui. Dikaitkan dengan proses pembelajaran maka kegiatan bertanya jawab antara guru dan siswa, atara siswa ini menunjukan adanya ineraksi dikelas yang di dinamis dan multi arah.
19.  Dalam bertanya memiliki teknik tertentu. Apa yang di maksud dengan teknik bertanya ?
Jawab  :
Yang dimaksud dengan teknik bertanya adalah sejumlah cara yang dapat digunakan oleh kita sebagai guru untuk mengajukan pertanyaan kepada peserta didiknya dengan memperhatikan karakteristik dan latar belakang peserta didik.
20.  Sebutkan beberapa kriteria pertanyaan yang baik !
Jawab  :
Jelas, informasi yang lengkap, terfokus pada satu masalah, berikan waktu yang cukup, sebarkan terlebih dahulu pertanyaan kepada seluruh siswa, berikan respon yang menyenangkan sesegera mungkin dan yang terakhir tuntunlah jawaban siswa sampai ia menemukan jawaban sendiri.
21.  Ada 4 jenis pertanyaan yang dapat kita gunakan dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Sebutkan 4 jenis tersebut !
Jawab  :
(1)   pertanyaan permintaan
(2)    pertanyaan mengarahkan atau menuntun dan
(3)   pertanyaan yang bersifat menggali serta
(4)   pertanyaan retoris.
22.  Sebutkan pertanyaan inventori yang terdiri dari 3 jenis !
Jawab  :
1)      pertanyaan yang mengungkap perasaan dan pikiran
2)      pertanyaan yang menggiring siswa untuk mengidentifikasi pola-pola perasaan pikiran dan perbuatan dan
3)      pertanyaan yang menggiring peserta didik untuk mengidentifikasi akibat-akibat dari perasaan, pikiran dan perbuatan.
23.  Menurut Adey, Hewitt, Hewitt, dan Landau (2004) perubahan di sekolah dan pembelajaran perlu memperhatikan beberapa hal. Coba sebutkan beberapa hal tersebut !           
Jawab  :
1)      proses penyusunan kurikulum harus benar-benar melibatkan guru sehingga guru bukan sekedar pengguna yang ditunjuki “bagaimana cara menggunakannya”.
2)       perubahan tidaklah dapat dipaksakan. Guru hendaknya diperlakukan sebagai partner dalam program yang dilakukan.
3)       coaching dalam kelas merupakan sesuatu yang esensial. Coaching berperan penting sebagai pembawa perubahan pedagogi praktis dalam kelas.
4)       Keempat, perubahan berlangsung secala pelan, tidak menentu, kadang berbalik lagi, namun kadang juga bergerak maju.
24.  Apa yang di maksud dengan Lesson study ?
Jawab  :
Lesson study  adalah pelaksanaan “Piloting” yang dimaksudkan untuk mengembangkan dan mengujicobakan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar MIPA di SMA dan SMP di Indonesia. Kegiatan Piloting sesungguhnya merupakan langkah “persiapan” untuk melaksanakan program berikutnya yang disebut Lesson Study.
25.  Sebutkan dan jelaskan beberapa factor yang di ungkapkan Stigler dan Hiebert (1999) yang membuat lesson Study bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Jepang !
Jawab  :
1)      Lesson study didasarkan pada model peningkatan pembelajaran yang sifatnya terusmenerus.
Sekalipun peningkatan yang dicapai melalui satu kegiatan Lesson Study hanya kecil saja, namun karena kegiatan dilaksanakan terus menerus maka peningkatan itu
menjadi besar.
2)      Lesson Study selalu memfokuskan pada bagaimana membuat siswa belajar. Tujuan pendidikan adalah untuk membuat siswa belajar, oleh karena itu segala program
pendidikan hendaknya diarahkan untuk membantu agar siswa meningkat dan berhasil dalam belajar.
3)      Lesson Study memfokuskan pada peningkatan yang bisa langsung dimanfaatkan dalam konteks yang ada. Setiap kegiatan pembelajaran merupakan satu unit yang harus
dianalisis dan ditingkatkan sehingga perbaikan yang dimaksud bisa langsung diterapkan
4)       Lesson Study merupakan sebuah kolaborasi. Dengan melakukan kolaborasi para guru bisa saling langsung bertukar pikiran dan saling memberi masukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Kegiatan Lesson Study sesungguhnya merupakan tempat bagi para guru untuk belajar.
5)      Guru yang terlibat dalam Lesson study merasa bahwa mereka memberikan kontribusi terhadap ilmu mengajar dan juga terhadap perkembangan profesionalisme dirinya. Oleh karena itu Lesson Study bukan hanya mengembangkan profesionalisme guru namun juga mengembangkan ilmu tentang mengajar.
26.  Coba jelaskan prinsip utama lesson study !
Jawab  :
Prinsip utama Lesson Study adalah peningkatan kualitas pembelajaran pembelajaran secara bertahap dengan cara belajar dari pengalaman sendiri dan orang lain dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
27.  Coba anda jelaskan lesson study dengan pola plan-do-see !
Jawab  :
Pada fase plan, guru menyusun rencana pembelajaran. Penyusunan rencana pembelajaran biasanya dilakukan bersama-sama oleh para guru dan sering juga melibatkan dosen. Pada fase Do, guru yang ditunjuk menjadi guru model melaksanakan kegiatan pembelajaran. Fase do biasanya menjadi open lesson yang
disaksikan oleh guru lain, dosen, dan observer dari pihak-pihak lain. Setelah open lesson dilakukan fase see yang berisi refleksi pelaksanaan pembelajarn dalam open lesson.
Pola dasar Lesson Study sesungguhnya pola yang logis dan tepat.
28.  Berapa banyak masalah yang serius akibat pola Plan-do-see dan jelaskan !
Jawab  :
1)      Karena Lesson Study menonjolkan fase do (open lesson), banyak orang berpikir bahwa Lesson Study adalah open lesson. Banyak orang mengidentikkan lesson study dengan open lesson. Karenanya apabila telah selesai mengamati open lesson beberapa orang berpendapat lesson study sudah selesai. Padahal Lesson Study yang sesungguhnya baru dimulai bagi para observer, yaitu seberapa banyak mereka belajar dari mengamati pembelajaran yang dilakukan oleh guru lain.
2)      Karena banyak observer yang belum terbiasa untuk belajar dari orang lain, seringkali observer kurang fokus dalam melakukan pengamatan. Pengamatan yang dilakukan oleh observer biasanya masih bersifat superficial (permukaan) dan belum menyentuh esensi pembelajaran. Lesson study sesungguhnya adalah kajian pembelajaran dan bukan sekedar melihat pembelajaran.
3)      Fase refleksi yang seharusnya menjadi sesi refleksi untuk semua pihak yang terlibat seringkali hanya menjadi ritual pelengkap lesson study. Karena ada “konsensus” untuk tidak mengkritik guru, observer seringkali hanya menyampaikan “pujian” terhadap guru model yang tampil dan kurang memberikan inspirasi untuk belajar, baik bagi dirinya maupun orang lain.
29.  Jelaskan 3 pola dalam interaksi  edukatif !
Jawab  :
1)      Ada 3 bentuk utama pola interaksi yaitu terjadi dalam proses pembelajaran yaitu (1) klasikal, (2) kelompok dan (3) individu.
2)       Pola interaksi yang diterapkan oleh guru di kelas sangat menentukan/dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu keaktifan siswa menurut Ausebel ditentukan oleh kebermaknaan isi/materi serta proses pembelajaran dan modus kegiatan pembelajaran tersebut.
3)      Ada 3 kiat bagi guru untuk menimbulkan interaksi edukatif dalam proses pembelajaran yaitu (1) mengadakan kontak pandang mata (2) melakukan gerakan badan dan mimik dan (3) pergantian posisi dan gerak
30.  Jelaskan bagaimana penerapan kedisiplinan yang baik dalam kelas !
Jawab  :
Setiap guru harus menguasai benar masalah disiplin ini mulai dari bentuknya, taraf perkembangannya, komponen utamanya, jenis-jenis masalah displin di kelas serta pembinaan disipilin terhadap siswanya di kelas.
31.  Sebutkan 3 kiat bagi guru untuk menimbulkan interaksi edukatif dalam proses pembelajaran !
Jawab  :
1)      mengadakan kontak pandang mata
2)      melakukan gerakan badan dan mimik dan
3)      pergantian posisi dan gerak
32.  Ada berapa Sumber Pemberlajaran Berdasarkan  Segi Pengembangannya dan jelaskan!
Jawab  :
1.      Learning sources by design : sumber pembelajaran  yg dirancang/disengaja dipergunakan untuk kepeerluan pengajaran yg telah diseleksi.
2.      Learning sources by utilitarian: sumber pembelajaran yg ada di sekeliling sekolah  yg dimanfaatkan  untuk memudahkan siswa yg sedang belajar / sifatnya insidentil
33.  Sebutkan dan jelaskan Jenis Sumber Pembelajaran Menurut Association of Education Communication Technologi (AECT) !
Jawab  :
1)      Pesan/ Message : iinformasi yg diteruskan oleh  komponen lain dalam bentuk gagsan, fakta, arti dan data.termasuk disini bahan pelajaran  yg dituangkan dalam buku/wacana
2)      People/ orang nara sumber: manusia yg bertindak sbg penyimpan, penglah dan penyaji pesan.
3)      Materials/bahan : Perangkat lunak yg mengandung pesan  untuk disajikan  melalui penggunaan alat/perangkat keras  ataupun dirinya sendiri (tranparansi, slide, film, audio, vidio, modul, majalah, buku dsb
4)      Device/ alat; sesuatu perangkat keras  yg digunakan untuk menyempaikan  pesan yg tersimpan dalam bahan (OHP, tape recorder, pesawat radio,  dsb
5)      Technique/ teknik: prosedure/ acuanyg dipersiapkan untuk penggunaan bahanm peralatan, orang, lingkungan untuk menyampaikan pesan.
6)      Setting / lingkungan : situasi/suasana sekitar dimana pesan disampaikan.
-ling. Fisik (ruang kelas, gedung sek. Perpus, lab, tman, lap)
– non fisik (iklim belajar, tenang, ramai, lelah, dsb)
34.  Dalam Memilih Menggunakan Sumber Pembelajaran, ada beberapa acuan yang perlu diperhatikan. Coba sebutkan !
Jawab  :
1)      Penggunaan itu dlm rangka memotivasi belajar Bahasa Indonesia.
2)      Pengunaan itu dlm rangka mendukung pencapaian kompetensi siswa.
3)      Penggunaan itu dalam rangka mendukung program pengajaran yg melibatkan  aktivitas penelitian Bahasa Indonesia
4)      Penggunaan itu dpt membantu memecahkan masalah
35.  Sebutkan 5 Prinsip-prinsip Pengadaan Sumber Pembelajaran !
Jawab  :
1)      Ekonomis/ menyangkut dana pembiayaan
2)      Adanya teknisi yg dapat mengoperasikan  alat tertentu yg dijadikan sumber pembelajaran.
3)      Praktis dan sederhana, mudah mengoperasikan dan terjangkau
4)      Fleksibel, mudah dikembangkan, tidak kaku
5)      Relevan dengan materi dan kompetensi yg hendak dicapai siswa
36.  Apa yang dimaksud dengan Kesulitan Belajar atau “Learning Disabilities ?
Jawab  :
Learning Disabilities  adalah hambatan/gangguan belajar pada anak dan remaja yang ditandai oleh adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf intelegensi dan kemampuan akademik yang seharusnya dicapai.
37.  Apakah penyebab kesulitan belajar pada anak?
Jawa    :
Hal itu  disebabkan oleh gangguan di dalam sistem saraf pusat otak (gangguan neurobiologis) yang dapat menimbulkan gangguan perkembangan seperti gangguan perkembangan bicara, membaca, menulis, pemahaman, dan berhitung.
38.  Sebutkan tanda-tanda Kesulitan Belajar pada usia Pra-Sekolah !
Jawab  :
1)       Keterlambatan berbicara jika dibandingkan dengan anak seusianya
2)       Adanya kesulitan dalam pengucapan kata
3)       Kemampuan penguasaan jumlah kata yang minim
4)       Seringkali tidak mampu menemukan kata yang sesuai untuk suatu kalimat
5)       Kesulitan untuk mempelajari dan mengenali angka, huruf dan nama-nama hari
39.  Mengapa Guru perlu menguasai keterampilan bertanya ?
Jawab  :
1)      guru cenderung mendominasi kelas dengan ceramah,
2)      siswa belum terbiasa mengajukan pertanyaan,
3)      siswa harus dilibatkan secara mental-intelektual secara maksimal, dan
4)      adanya anggapan bahwa pertanyaan hanya berfungsi untuk menguji pemahaman siswa.
40.  Pertanyaan yang baik mempunyai berbagai fungsi antara lain adalah ?
Jawab  :
1)      mendorong siswa untuk berpikir,  
2)      meningkatkan keterlibatan siswa,
3)      merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan,
4)      mendiagnosis kelemahan siswa,
5)      memusatkan perhatian siswa pada satu masalah, dan
6)      membantu siswa mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang baik.

41.  Keterampilan bertanya dasar terdiri atas komponen-komponen yaitu ?
Jawab  :
1)      pengajuan pertanyaan secara jelas dan singkat,
2)      pemberian acuan,
3)      pemusatan,
4)      pemindahan giliran,
5)      penyebaran,
6)      pemberian waktu berpikir, dan
7)      pemberian tuntunan.
42.  Dalam menerapkan keterampilan bertanya dasar dan lanjut, guru perlu memperhatikan beberapa prinsip. Sebutkan prinsip-prinsip tersebut !
Jawab  :
1)      Kehangatan dan keantusiasan.
2)      Menghindari kebiasaan mengulang pertanyaan sendiri, menjawab pertanyaan sendiri, mengajukan pertanyaan yang mengundang jawaban serempak, mengulangi jawaban siswa, mengajukan pertanyaan ganda, dan menunjuk siswa sebelum mengajukan pertanyaan
3)      Waktu berpikir yang diberikan untuk pertanyaan tingkat lanjut lebih banyak dari yang diberikan untuk pertanyaan tingkat dasar.
4)      Susun pertanyaan pokok dan nilai pertanyaan tersebut sesudah selesai mengajar.
43.  Apakah yang dimaksud dengan Penguatan ?
Jawab  :
Penguatan adalah respon yang diberikan oleh guru terhadap perilaku siswa yang baik, yang menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi atau meningkatkan perilaku yang baik tersebut.
44.  Tujuan dari pemberian penguatan dalah ?
Jawab  :
Penguatan diberikan dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, mengontrol dan memotivasi perilaku yang negatif, menumbuhkan rasa percaya diri, serta memelihara iklim kelas yang kondusif.
45.  Penguatan dapat dibagi menjadi penguatan verbal dan non-verbal. Jelaskan penguatan verbal !
Jawab  :
Penguatan verbal diberikan dalam bentuk kata-kata/kalimat pujian, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, serta benda atau simbol.
46.  Dalam memberikan penguatan harus diperhatikan prinsip-prinsipnya. Sebutkan prinsip-prinsip tersebut !
Jawab  :
1)      Kehangatan dan keantusiasan
2)      Kebermaknaan
3)      Hindari respon negatif
4)      Penguatan harus bervariasi
5)      Sasaran penguatan harus jelas
6)      Penguatan harus diberikan segera setelah perilaku yang diharapkan muncul.
47.  Jelaskan  fungsi variasi dalam pembelajaran ?
Jawab  :
Variasi di dalam kegiatan pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingintahuan siswa, melayani gaya belajar siswa yang beragam, serta meningkatkan kadar keaktifan siswa.

48.  Sebutkan 3  Komponen keterampilan mengadakan variasi !
Jawab  :
1)      Variasi dalam gaya mengajar yang meliputi variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, pergantian posisi guru, kontak pandang serta gerakan badan dan mimik.
2)      Variasi pola interaksi dan kegiatan.
3)      Variasi penggunaan alat bantu pengajaran yang meliputi alat/bahan yang dapat didengar, dilihat, dan dimanipulasi.
49.  Komponen keterampilan menjelaskan dibagi menjadi merencanakan materi dan menyajikan penjelasan. Sebutkan komponen dalam merencanakan materi !
Jawab  :
1)      menganalisis masalah,
2)      menentukan hubungan, serta
3)      menggunakan hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai.
50.  Sebutkan komponen dalam Menyajikan penjelasan !
Jawab  :
1)      kejelasan, yaitu keterampilan yang erat kaitannya dengan penggunaan bahasa lisan,
2)      penggunaan contoh dan ilustrasi, yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif,
3)      pemberian tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar, dan membuat struktur sajian, dan balikan, yang bertujuan untuk mendapat informasi tentang tingkat pemahaman siswa, baik melalui pertanyaan mapun melalui tugas.
51.  Sebutkan 5 cara-cara menampilkan keterampilan  pendekatan pribadi !
jawab   :
1)      menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan dan perilaku siswa,
2)       mendengarkan dengan penuh rasa simpati gagasan yang dikemukakan siswa,
3)       merespon secara positif pendapat siswa,
4)       membangun hubungan berdasarkan rasa saling mempercayai,
5)       menunjukkan kesiapan untuk membantu,
52.  Sebutkan 5 cara-cara menampilkan keterampilan mengorganisasikan kegiatan pembelajaran !
Jawab  :
1)      memberikan orientasi umum tentang tujuan, tugas, dan cara mengerjakannya,
2)      memvariasikan kegiatan untuk mencegah timbulnya kebosanan siswa dalam belajar,
3)      membentuk kelompok yang tepat,
4)      mengkoordinasikan kegiatan,
5)      membagi perhatian pada berbagai tugas dan kebutuhan siswa, serta
53.  Sebutkan 4 cara-cara menampilkan keterampilan membimbing dan memberi kemudahan belajar !
Jawab  :
1)      memberi penguatan secara tepat,
2)      melaksanakan supervisi proses awal,
3)      melaksanakan supervisi proses lanjut, serta
4)      melaksanakan supervisi pemaduan.

54.  Sebutkan 4 cara-cara menampilkan keterampilan merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran !
Jawab  :
1)      membantu siswa menetapkan tujuan belajar,
2)      merancang kegiatan belajar,
3)      bertindak sebagai penasihat siswa, serta
4)      membantu siswa menilai kemajuan belajarnya sendiri
55.  sebutkan cirri- cirri dari Diskusi kelompok kecil dalam format pembelajaran !
jawab   :
1)       melibatkan 3 – 9 orang siswa setiap kelompoknya,
2)       mempunyai tujuan yang mengikat,
3)      berlangsung dalam interaksi tatap muka yang informal, dan
4)      berlangsung menurut proses yang sistematis.
56.  Manfaat kelompok dikusi kecil  bagi siswa yaitu ?
Jawab  :
1)      mengembangkan kemampuan berpikir dan berkomunikasi
2)      meningkatkan disiplin,
3)      meningkatkan motivasi belajar,
4)      mengembangkan sikap saling membantu, dan
5)      meningkatkan pemahaman.
57.  Sebutkan Komponen dan Prinsip-prinsip Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil !
Jawab  :
1)      memusatkan perhatian siswa,
2)      memperjelas pendapat siswa,
3)      menganalisis pandangan siswa,
4)      meningkatkan kontribusi siswa,
5)      mendistribusikan pandangan siswa, dan
6)      menutup diskusi
58.  Dalam penerapan kelompok kecil, hal-hal apa saja yang harus di perhatikan oleh seorang guru?
Jawab  :
1)      harus ada kesamaan latar belakang pengetahuan di antara para anggota kelompok,
2)      semua anggota diskusi kelompok harus mampu mengemukakan pendapatnya secara lisan,
3)      topik yang dibahas harus bersifat terbuka untuk menampung banyak pendapat,
4)      diskusi harus berlangsung dalam suasana keterbukaan,
5)      pelaksanaan diskusi harus mengingat keunggulan dan kelemahan-kelemahannya,
6)      diskusi memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang, dan
7)      guru harus mampu mencegah timbulnya hal-hal yang dapat menghambat jalannya diskusi
59.  Dalam tahap membuka pelajaran yang perlu dilakukan terlebih dahulu oleh seorang guru adalah ?
Jawab  :
Menetapkan sikap dan minat yang benar di antara anggota kelas.
60.  Sebutkan beberapa cara yang dapat membangkitkan minat dan perhatian murid saat guru mulai mengajarkan pelajarannya !
Jawab  :
1)      Berita-berita terkini
2)      Cerita-cerita dan lukisan
3)      Laporan tentang tugas-tugas
4)      Persoalan yang diandaikan
5)      Pemakaian alat peraga
61.  Jelaskan pemakaian alat peraga dalam membangkitkan minat dan perhatian murid saat guru mulai mengajarkan pelajarannya !
Jawab  :
Pemakaian alat peraga adalah Sebuah gambar, peta, benda, atau alat peraga yang lain dapat digunakan secara efektif untuk menumbuhkan minat murid terhadap pelajaran.
62.  Sebutkan cara-cara yang efektif untuk mengenalkan sebuah pelajaran !
Jawab  :
1)      Hubungkan pelajaran dengan pelajaran-pelajaran sebelumnya
2)      Umumkan pokok pelajaran secara wajar
3)      Garis besar harus jelas
4)      Nyatakan sasaran dan tujuan pelajaran
63.  Jelaskan tentang cara  mengumumkan pokok pelajaran secara wajar dalam cara yang efektif untuk mengenalkan sebuah pelajaran !
Jawab  :
Tidak perlu mengumumkan pokok pelajaran secara resmi. Yang penting adalah bagaimana kita dapat menyajikannya dengan lebih menarik, tetapi penuh dengan keterangan. Penyampaian pokok pelajaran harus menarik minat murid seperti halnya penyampaian pokok berita dalam sebuah surat kabar.
64.  Apa yang harus guru lakukan dalam menguraikan pelajaran ?
Jawab  :
1)      Menerapkan Kebenaran
2)      Merangsang Pikiran
3)      Doronglah Pengungkapan
65.  Apa yang dimaksud dengan merangsang pemikiran dalam menguraikan pembelajaran ?
Jawab  :
Mengajukan pertanyaan merupakan metode yang efektif untuk merangsang pikiran murid. Pancing murid untuk memikirkan sedalam mungkin setiap uraian yang disampaikan oleh guru. Pengujian murid secara teratur bisa menjaga perhatian murid untuk tetap tajam sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana murid mendapat manfaat dari pelajaran itu.
66.  Jelaskan Satu cara untuk menuntun pikiran !
Jawa    :
dengan menerapkan pola pemikiran yang deduktif. Pola ini dimulai dengan guru menyebutkan satu prinsip atau pernyataan umum yang diikuti sejumlah lukisan atau ilustrasi. Kemudian libatkan murid dengan meminta mereka mencari contoh-contoh selanjutnya dari kehidupan mereka sendiri.
67.  Apa yang dimaksud dengan Menerapkan Kebenaran dalam menguraikan pembelajaran ?
Jawab  :
Guru perlu membimbing murid-muridnya dalam keadaan khusus di mana murid harus mempraktikkan prinsip-prinsip iman Kristen mereka. Hal ini bisa membawa pertumbuhan rohani yang baik bagi murid.
68.  Sebutkan hal-hal apa saja yang perlu guru lakukan dalam menutup pelajaran !
Jawab  :
1)      Merangkum Pelajaran
2)      Menyampaikan Rencana Pelajaran Berikutnya
69.  Apa yang guru lakukan sebelum membubarkan kelas ?
Jawab  :
Mengungkapkan pelajaran yang akan disampaikan minggu depan dan kemukakan rencana-rencana di mana murid dapat mengambil bagian dalam pelajaran mendatang.
70.  Sebutkan 2 hal yang dilakukan dalam membuka pelajaran !
Jawab  :
1)      Hubungan dengan Kelas
2)      Menghubungkan Pelajaran
71.  Sebutkan tujuan-tujuan dari menjelaskan !
Jawab  :
1)      membantu siswa untuk memahami rumus, dalil, dan prinsip,
2)      melibatkan siswa untuk berfikir,
3)      mendapatkan balikan mengenai pemahaman siswa,
4)      membimbing siswa dalam proses belajar untuk memecahkan masalah.
72.  Sebutkan beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam menjelaskan !
Jawab  :
1)      Penjelasan harus relevan denngan tujuan kegiatan belajar-mengajar,
2)      penjelasanharus sesuai dengan tingkat kemampuan dan latar belakang siswa,
3)      penjelasan harus sesuai dengan usia siswa,
4)      penjelasan harus bermakna bagi siswa.
73.  Sebutkan langkah-langkah dalam menjelasakn !
Jawab  :
1)      merencanakan penjelasan, dan
2)      menyajikan penjelasan.
74.  Sebutkan tujuan penggunaan keterampilan bertanya !
Jawab  :
1)      menarik siswa dalam pokok pembicaraan
2)      menumbuhkan rasa ingin tahu sisw,
3)      mengembangkan cara belajar siswa akatif,
4)      mengetahui kesulitan belajar siswa
5)      memotifasi siswa mwgeluarkan pendapat,
6)      mengukur hasil belajar siswa.
75.  Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengajukan pertanyaan !
Jawab  :
1)      Kehangatan dan keantusiasan,
2)      kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik diantaranya: (a) mengulangi pertanyaanya sendiri (b) mengulangi jawaban siswa (c) menjawab pernyataan sendiri (d) memancing jawaban serentak, (e) mengajukan pertanyaan ganda, (f) menentukan siswa sebelum pertanyaan ditemukan.
76.  Apa yang di maksud dengan mengelola kelas ?
Jawab  :
Mengelola kelas adalah kegiatan mengatur sejumlah sumber daya yang ada di kelas sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai secara efektif dan efisien.
77.  Sebutkan unsur non manusia dalam kegiatan pengaturan sumber daya yang dilakukan di dalam kelas !
Jawab  :
Unsur non-manusia mencakup keseluruhan unsur fisik kelas, ruangan dan seluruh fasilitas yang ada di kelas baik yang akan dipergunakan langsung dalam proses pembelajaran maupun yang tidak langsung.
78.  Jelaskan 3 fokus untuk mengartikan manajemen !
Jawab  :
1)      manajemen sebagai suatu kemampuan atau keahlian yang selanjutnya menjadi cikal bakal manajemen sebagai suatu profesi. Manajemen sebagai suatu ilmu menekankan perhatian pada keterampilan dan kemampuan manajerial yang diklasifikasikan menjadi kemampuan/keterampilan teknikal, manusiawi dan konseptual.
2)      manajemen sebagai proses yaitu dengan menentukan langkah yang sistematis dan terpadu sebagai aktivitas manajemen.
3)      manajemen sebagai seni tercermin dari perbedaan gaya (style) seseorang dalam menggunakan atau memberdayakan orang lain untuk mencapai tujuan.
79.  Jelaskan pengertian manajemen menurut Stoner (1992:8) !
Jawab  :
manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
80.  Jelaskan pengertian manajemen menurut Sudjana (2000:77) !
Jawab  :
manajemen merupakan rangkaian berbagai kegiatan wajar yang dilakukan seseorang berdasarkan norma-norma yang telah ditetapkan dan dalam pelaksanaannya memiliki hubungan dan saling keterkaitan dengan lainnya. Hal tersebut dilaksanakan oleh orang atau beberapa orang yang ada dalam organisasi dan diberi tugas untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
81.  Jelaskan tujuan manajemen kelas menurut Dirjen Dikdasmen !
Jawab  :
1)      Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
2)      Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
3)      Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.
4)      Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya.
82.  Jelaskan pengertian pengelolaan kelas menurut Alam S : 1B !
Jawab  :
pengelolaan kelas adalah segala kegiatan guru di kelas yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar.
83.  Jelaskan Metode Syariat (Doktrin) dalam membangun Pembinaan Etika Sopan Santun Kepada Anak !
Jawab  :
Seorang anak yang daya berpikir dan penalarannya masih iilim perkembangan diperlukan doktrin-doktrin yang membiasakan perilakunya agar menjadi baik. Doktrin yang dimaksudkan adalah ajaran-ajaran agama yang sifatnya mengikat yang harus dilakukan anak.
84.  Sebutkan 3 Metode Pembinaan Etika Sopan Santun Kepada Anak !
Jawab  :
1)      Metode Syariat (Doktrin)
2)      Metode Dialog
3)      Metode Keteladanan
85.  Sebutkan 5 cara pendekatan dalam metode pembinaan etika sopan santun kepada anak !
Jawab  :
1)      Pendekatan Psikologis
2)      Pendekatan Sosiokultural
3)      Pendekatan scientific
4)      Pendekatan Sistem Rasionalistik
5)      Pendekatan Sistem Kritik
86.  Apa yang di maksud dengan pendekatan psikologis ?
Jawab  :
Pendekatan psikologis adala Yaitu mengajak dan mengarahkan manusia untuk berpikir induktif dan deduktif tentang gejala-gejala ciptaan-Nya di langit dan di bumi ini (dalam aspek rasional-intelektual). Dalam aspek emosional mendorong manusia untuk merasakan adanya keluasan yang lebih tinggi yang gaib sebagai pengendali jalannya alam dan kehidupan ini. Sedangkan aspek ingatan dan kemauan manusia didorong untuk difungsikan ke dalam kegiatan menghayati dan mengamalkan nilai nilai agama agar tidak terjadi penyimpangan etika.
87.  Apa yang dimaksud dengan pendekatan system koperatif ?
Jawab  :
Komparatif adalab suatu pendekatan dengan cara memban-dingkan dua konsep pendidikan etika atau lebih dengan target mengambil keunggulan suatu konsep atau mempertegas kan-dungannya.
88.  Sebutkan Alquran yang menjelaskan tentang metode pembinaan etika melalui pendekatan-pendekatan !
Jawab  :
1)      (QS Al-Gha-syiyah [88]: 17-21).
2)      (QS Al-Ankabut [29]: 45).
3)      (QS Al-Ahzaab [33]: 21).
4)      (QS Huud [11]:120).
89.  Tuliskan alquran QS Al-Gha-syiyah [88]: 17-21, tentang metode pembinaan etika !
Jawab  :
Pembinaan etika dapat mendorong manusia untuk meng-gunakan akal pikirannya dalam menelaah dan mempelajari gejala-gejala kehidupan dirinya dan alam sekitarnya: Maka apakah mereka tidak memerhatikan unta bagaimana dia diciptakan, dan langit, bagaimana ia ditinggikan? dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? dan bumi bagaimana ia dihamparkan? Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan.
90.  Tuliskan alquran QS Al-Ahzaab [33]: 21, tentang metode pembinaan etika !
Jawab  :
Pembinaan etika dapat menumbuhkan jiwa teladanan sebagai contoh yang baik sebagai media untuk dapat meniru suatu pekerjaan (aktivitas). Sesungguhnya telah ada pada (din) Rasulullah itu suri teladan ;. ^ng baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
91.  Apakah yang di maksud dengan penguatan ?
Jawab  :
Penguatan adalah respons terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali perilaku itu.

92.  Apa yang dimaksud dengan penguatan secara verbal dan non verbal ?
Jawab  :
Penguatan verbal adalah pemberian penguatan yang berupa pujian yang dinyatakan dengan ucapan kata atau kalimat, sedangkan penguatan nonverbal dinyatakan dengan bahasa tubuh (body language)
93.  Apakah manfaat penguatan bagi seorang siswa ?
Jawab  :
Manfaat penguatan bagi siswa untuk meningkatnya perhatian dalam belajar, membangkitkan dan memelihara perilaku, menumbuhkan rasa percaya diri, dan memelihara iklim belajar yang kondusif.
94.  Pengertian variasi dalam kegiatan pembelajaran adalah ?
Jawab  :
pengertian variasi merujuk pada tindakan dan perbuatan guru, yang disengaja ataupun secara spontan, yang dimaksudkan untuk memacu dan mengikat perhatian siswa selama pelajaran berlangsung. Tujuan utama guru mengadakan variasi dalam kegiatan pembelajaran untuk mengurangi kebosanan siswa sehingga perhatian mereka terpusat pada pelajaran.
95.  Keterampilan mengadakan variasi terdiri dari tiga kelompok pokok, sebutkan ketiga kelompok tersebut !
Jawab  :
1)      variasi gaya mengajar,
2)      variasi pengalihan penggunaan indra, dan
3)      variasi pola interaksi
96.  Variasi gaya mengajar meliputi apa saja ?
Jawab  :
Variasi gaya mengajar meliputi suara jeda, pemusatan, gerak dan kontak pandang.
97.  Apakah yang dimaksud dengan Menjelaskan ?
Jawab  :
Pengertian menjelaskan dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran mengacu kepada perbuatan mengorganisasikan materi pelajaran dalam tata urutan yang terencana dan sistematis sehingga dalam penyajiannya siswa dengan mudah dapat memahaminya.
98.  Pentingnya penguasaan keterampilan menjelaskan bagi guru yaitu ?
Jawab  :
Dengan penguasaan ini memungkinkan guru dapat meningkatkan efektivitas penggunaan waktu dan penyajian penjelasannya, mengestimasi tingkat pemahaman siswa, membantu siswa memperluas cakrawala pengetahuannya, serta mengatasi kelangkaan buku sebagai sarana dan sumber belajar.
99.  Keterampilan merencanakan penjelasan mencakup apa saja ? sebutkan !
Jawab  :
1)      isi pesan yang dipilih dan disusun secara sistematis disertai dengan contoh-contoh dan
2)      hal-hal yang berkaitan dengan siswa.
100.          Sebutkan prinsip-prinsip yang mendasari Penyajian penjelasan !
Jawab  :
1)      Adanya relevansi antara penjelasan dengan tujuan pembelajaran,
2)      Sesuai dengan keperluan,
3)      Mengingat latar belakang dan kemampuan siswa,
4)      Diberikan secara spontan atau sesuai dengan rencana yang telah disiapkan, dan
5)      Isi penjelasan bermakna bagi siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar